Ciri Khas dan Subgagrak Wayang Kulit Jawa Timur

Sebagaimana diketahui bahwasannya gagrak/versi wayang kulit di Nusantara ini sangat beragam sekali. Terdapat beberapa berbedaan gagrak dari satu daerah dengan daerah lainnya.

Gatutkaca_Gagrak_Jawa-Timur

Gatutkaca_Gagrak_Jawa Timur

Berikut ini beberapa ciri khas wayang kulit Jawa Timur-an yang mencolok:

  1. Beberapa tokoh wayang yang mengenakan busana kepala (irah-irahan) gelung yang dikombinasi dengan makutha (topong atau kethu dewa).
  2. Pada tokoh wayang Bima dan Gathotkaca, yang di Jawa Tengah berwajah hitam atau kuning keemasan, namun di Jawa Timur berwajah merah. Beberapa tokoh dalang Jawa Timur-an menyatakan bahwa warna merah bukan berarti melambangkan watak angkara murka namun melambangkan watak pemberani.
  3. Tokoh wayang Gandamana pada wayang Jawa Tengah memiliki pola penggambaran karakter (wanda) yang mirip dengan Antareja atau Gathotkaca, tetapi pada wayang kulit Jawa Timur-an Gandamana tampil dengan wanda mirip Dursasana atau Pragota.
  4. Secara visual dapat dilihat dominan penggunaan warna hijau dan merah.

Sedangkan subgagrag Jawa Timur dapat dibagi menurut cara pagelaran maupun wayang kulitnya sendiri. Secara teritorialnya Seni Pedalangan Jawa Timur-an dapat dibagi menjadi 4 versi kecil yakni : a) Versi Lamongan meliputi Kabupaten Lamongan dan sekitarnya, sering disebut gaya pasisiran. b) Versi Mojokertoan, meliputi Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan sekitarnya. 3) Versi Porongan, meliputi daerah Kabupaten Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya, dan 4) Versi Malangan, meliputi Kabupaten Malang dan sekitarnya.

Labels: